Resep cara membuat masakan tongseng ayam yang lezat

Resep cara membuat masakan tongseng ayam yang lezat
Resep cara membuat masakan tongseng ayam yang lezatMasakan tongseng ayam lezat dengan bumbu bumbu simpel. Resep tongseng ayam mulai banyak di cari lantaran semakin dapat di terima oleh semua anggota keluarga. Ikuti panduan komplit langkah bikin masakan tongseng dengan bahan daging ayam yang lebih enak serta lebih lezat serta pastinya dapat disandingkan dengan kelezatan masakan tongseng yang lain. Penentuan bahan paling utama daging ayam ini lantaran semakin dapat di terima oleh semua anggota keluarga baik anak anak sampai beberapa orangtua. Seperti kita ketahui kalau konsumsi daging ayam akan tidak bikin cholesterol anda naik bahkan memiliki nilai gizi cukup komplit. Selain itu sebagai macam masakan harian anda pasti jemu bila sehari-hari konsumsi ayam goreng. Hingga walau masihlah dengan bahan yang sama bila bumbu masakannya lain pasti lain juga cita rasa-rasanya.
Resep tongseng ayam kesempatan ini memakai santan kental alami hingga mempunyai rasa lebih enak. walau anda dapat memakai santan instan tetapi dengan santan dari perasan kelapa parut semakin lebih mantap. Masakan tradisional berbahan daging ayam ini dapat memakai bahan bahan bumbu seperti masakan tongseng kambing seperti daun salam serai tomat serta bahan bumbu tongseng yang lain. Hingga aroma harum khas masakan tongseng tetaplah menempel di ayam tongseng ini. Tetapi sayangnya masakan tongseng ayam masihlah belum banyak yang menjualnya tidak sama dengan tongseng kambing yang cukup banyak di dapatkan di pedagang kaki lima tepi jalan.








Meskipun sekian untuk yg tidak sukai dengan santan kental dapat pula lho bikin masakan ayam tongseng ini tanpa ada santan hingga kuahnya lebih encer serta bening namun masih tetap menegaskan kelezatan masakan tongseng. Resep tongseng tulen memiliki bahan daging kambing campur artinya daging kambing yang masihlah melekat pada tulangnya. Resep masakan indonesia tongseng ayam ini semakin lebih enak bila tak memasukkan tulangnya hingga cuma terbagi dalam potongan potongan kecil daging ayam. Untuk hasil paling baik tongseng ayam ini lebih mantap ambillah sisi dada ayam.
Resep tongseng tulen datang dari daerah surakarta atau kota solo serta sekitarnya tetapi ada pula masakan tongseng khas kebumen. Tetapi ketenaran tongseng khas betawi juga bukanlah isapan jempol. Kekhasan masakan tongseng ini yaitu tampak dari langkah masaknya yang unik yang umumnya memakai arang batok kelapa dengan api yang cukup besar bahkan juga langkah memasak tongseng tulen masihlah memakai perlengkapan tradisional hal semacam ini dapat anda saksikan di pedagang pedagang tongseng tulen. Tetapi untuk bunda sih cukup hanya bahan bahan dapur juga tidak kalah lezatnya.








Cara bikin masakan tongseng cukup gampang serta nikmatnya penyajian masakan tongseng tak membutuhkan saat yang lama bahkan juga cuma sebagian menit saja jadi hidangan tongseng ayam ini sudah siap di mengkonsumsi. Tongseng paling enak dikonsumsi waktu masihlah panas hingga demikian masak dapat segera dikonsumsi dengan lahap janganlah lupa dengan sepiring nasi putih hangat. Agar bisa bikin masakan tongseng daging ayam yang cepat pastinya semuanya bahan bahan mesti telah ada serta siap di tempat. Yuk kita sediakan bahan bahan tongseng ayam sedetailnya :







Bahan paling utama tongseng ayam

Daging ayam sisi dada : 500 gram
Jeruk nipis : 2 butir
Garam : seperlunya

Bahan bumbu halus tongseng ayam

Bawang putih : 4 siung
Bawang merah : 10 buah

Ketumbar : 1 sendok makan
Jinten halus : sendok teh
Bubuk kari : sendok teh
Bubuk pala : sendok teh
Garam : sendok teh (sesuai sama selera)

Bahan bumbu pelengkap tongseng ayam

Minyak sayur : 3 sendok makan untuk tumisan
daun salam : 2 sampai 3 lembar
daun jeruk purut : 4 lembar
Serai : 2 batang ukuran tengah (potong sisi ujungnya serta memarkan)
Santan : 600 ml (buat dari 1/2 buah kelapa tua)
Kecap manis : sekitaran 4 sendok makan
Kubis : seperlunya
Tomat buah : 4 buah potong potong dadu

Setelah semuanya bahan bahan masakan tongseng ayam sudah ada yuk sediakan juga perlengkapan dapur yang bakal dipakai seperti wajan serta peralatannya.
Cara bikin masakan tongseng ayam

Langkah pertama bersihkan bersih daging ayam potong potong dadu (selera) serta kucuri dengan air jeruk nipis serta garam remas remas serta diamkan sekitaran 10 menit lalu bersihkan sampai benar benar bersih.
Haluskan bumbu halus serta tumis dengan 3 sendok minyak sayur aduk aduk sampai masak serta harum
Masukkan daging ayam aduk aduk agar bumbu meresap pakai api kompor tengah janganlah lupa sesudah aduk aduk tutup sebagian waktu agar sistem pematangan daging ayam lebih cepat.
Selanjutnya masukan daun salam daun jeruk purut serai santan serta kecap manis. Aduk aduk serta kecilkan api tunggulah sampai daging ayam empuk
Coba saat ini cicipi dulu untuk sesuaikan selera anda
Terakhir masukan kubis serta tomat irislah tunggulah sampai layu (janganlah sangat lama)
Angkat serta hidangkan berbarengan nasi putih hangat

Demikian bunda serta sis cantik dan remaja putri sekalian panduan komplit step untuk step langkah bikin masakan tongseng daging ayam yang enak serta lezat. Untuk setelah itu yuk belajar bikin masakan rendang ayam yang juga sama lezatnya.

Resep masakan tongseng ayam yang lezatResep masakan tongseng ayam yang lezatResep masakan tongseng ayam yang lezatResep masakan tongseng ayam yang lezat

0 komentar