Petunjuk lengkap cara membuat tape ketan hitam dan putih

Petunjuk lengkap cara membuat tape ketan hitam dan putih
Petunjuk lengkap cara membuat tape ketan hitam dan putihTape ketan hitam ataupun putih sama nikmatnya. Tersebut panduan komplit langkah gampang bikin jajanan tape beras ketan hitam ataupun tape ketan putih. Resep jajanan tradisional ini rasa-rasanya manis serta sedikit bersoda berikut kekhasan rasa tape ketan. Tetapi sampai sekarang ini masihlah cukup banyak yang belum mahir membuatnya walau sebenarnya cukup gampang. Pada artikel kesempatan ini saya bakal memberi sedikit rahasia langkah bikin resep kue basah tape beras ketan hitam yaitu bagaimana langkahnya agar jajanan pasar dengan bahan paling utama ketan hitam ataupun putih bunda membuahkan cita rasa manis maknyus serta banyak airnya.
Banyak pendapat bila menginginkan bikin tape ketan mesti bersih ini serta itu. Sesungguhnya hal semacam ini cuma saran orangtua kita zaman dulu supaya kita senantiasa bersih serta melindungi kebersihan tubuh serta batin. hal yang sesungguhnya sih memanglah ada sedikit rahasia bikin tape. Apa sih rahasianya yuk kita baca penjelasan selanjutnya!








Jajanan pasar yang satu ini terkecuali bisa kita dapatkan sehari-hari di pasar pasar tradisional juga adalah satu diantara menu waktu lebaran tiba. Saya sendiri senantiasa bikin tape ketan campur yaitu ketan hitam serta putih dengan perbandingan 2 sisi. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk bikin jajanan ini memiliki cita rasa serta penampilan lebih menggoda. Tetapi sesungguhnya ada maksud spesifik lho bunda. Kita saksikan karakter dari ketan hitam serta ketan putih yang berlawanan. Jadi saat digabung bisa bikin makanan tradisional ini lebih maknyus pokoknya. Terlebih sesudah disimpan sekian hari bakal keluar air ketan yang manis serta sedikit bersoda wow makin nikmat saja jadinya.
Ada rahasia sendiri langkah bikin tape bahan paling utama ketan hitam serta putih membuahkan rasa manis serta bersoda. Dengan ikuti panduannya di sini dengan cara komplit saya meyakini bunda serta sis bakal cepat belajar lantaran memanglah gampang. Rahasia paling utama resep tape ketan hitam yaitu terdapat pada ragi yang anda pakai dan urutan langkah membuatnya dari mulai pencucian perendaman sampai memasaknya.








Dengan sekian pintar pandailah pilih ragi tape yang berkwalitas bagus. Ragi tape ini dapat di beli di pasar tradisional bila diwarung sih umumnya tidak ada. Sekali lagi tentukan yang kualitasnya bagus penampilannya bersih serta tak ada bercak hitam. harga ragi tape murah so beli yang paling mahalpun tidak jadi masalah.







Resep kue tradisional jawa yaitu tape umumnya dibungkus dengan daun jambu air hal semacam ini kerap kita jumpai waktu ada pesta hajatan. Bila zaman dulu sih orangtua kita kerap membungkusnya dengan daun pisang serta dijual di pasar tradisional. Tetapi bila bunda membuatnya untuk dikonsumsi berbarengan semua keluarga tambah baik dalam wadah saja serta di tutupi dengan daun pisang agar tak repot. Wah telah panjang lebar nih ngobrolnya yuk kita mulai saja menyiapkan bahan bahan serta perlengkapannya.
Bahan bahan tape beras ketan


Ketan hitam/putih : 500 gr ( kg).
Ragi tape : 2 butir.
Daun pisang seperlunya.

Cara bikin tape ketan hitam

Saya anggap bunda serta sis atau remaja putri telah memperoleh beras ketan hitam atau putih dengan kwalitas bagus tujuannya penampilannya masihlah fres serta tak pecah pecah lho (butirannya utuh).
Langkah pertama pastinya bersihkan beras ketan hitam atau putih dengan sebersih bersihnya dari kotoran serta kerikil. hal semacam ini begitu utama lantaran punya pengaruh pada akhirnya kelak.
Silahkan di bersihkan sembari diremas remas sampai bersih bila perlu dengan sekian kali pembilasan. Bila air bilasan masihlah kotor yah pastinya mesti dicuci lagi ya.
Selanjutnya rendam dengan air seperlunya sampai minimum 5 hingga 6 jam (semalaman) yakinkan semuanya beras ketan terendam air.
Cuci lagi serta basuh sampai bersih kerjakan sampai sekian kali pembilasan.
Masukkan dalam panci serta berikan air. Baiknya tinggi airnya kurang lebih seruas jari telunjuk.
Masak atau rebus dengan nyala api kompor tengah.
Jangan lupa sebelumnya air rebusan bunda mendidih baiknya di aduk aduk sebentar agar tak lengket dibawah.
Jangan di tinggal ya sesudah air rebusan habis silakan aduk aduk sampai rata serta angkat.
Kukus sampai masak/masak sekurang-kurangnya 30 sampai 45 menit.
Letakkan pada wadah palstik yang cukup besarnya. Untuk hasil terbagus sih mending di atas nampan yang terlebih dulu di beri alas plastik agar pendinginnya prima.
Pastikan semuanya nasi ketan telah dingin semuanya janganlah mengambil langkah ke session selanjutnya bila belum dingin dengan cara rata sebab bakal fatal mengakibatkan (tape bunda tak jadi).
Sementara bunda menanti nasi ketan dingin sebaiknya leburkan 2 butir ragi tape sampai benar benar halus.
Anda telah meyakini nasi ketan telah dingin dengan cara sempurnya yuk mulai mengambil langkah ke session selanjutnya.
Namun terlebih dulu saya anjurkan untuk memperlebar nasi ketan hitam dengan cara rata agar peragian jalan prima.
Taburkan ragi namun di atasnya dengan cara rata. Ingat janganlah sangsi untuk memakai tangan cantik bunda ya janganlah memakai sendok atau apalah apalah pokoknya.
Supaya peragian prima aduk dengan cara perlahan-lahan bolak balik berkali kali.
Setelah meyakini semuanya memperoleh ragi dengan baik saat ini silakan taruh ditempat yang sudah disiapkan.
Bunda bisa memakai panci atau apa sajakah yang utama bersih. Serta janganlah lupa terlebih dulu di beri alas daun pisang dulu ya.
Setelah semuanya masuk silakan tutup kembali dengan daun pisang dengan baik.
Silahkan bersabar serta tunggulah sekurang-kurangnya 3 hari.
Silahkan nikmati tape ketan hitam atau putih dengan rasa maknyus.

Bagaimana gampang bukanlah yang utama langkahnya teratur serta tak asal-asalan saya meyakini tape ketan hitam atau tape ketan putih bunda tentu semanis yang membuatnya.
Saat bikin tape beras ketan ini bunda sis maupun remaja putri bisa memakai beras ketan hitam atau beras ketan putih atau mencampurkan keduanya. Anda suka kuliner yuk silakan baca resep masakan indonesia yang lain yaitu langkah bikin kue lapis legit.

Petunjuk lengkap tape ketan hitam dan putihPetunjuk lengkap tape ketan hitam dan putihPetunjuk lengkap tape ketan hitam dan putihPetunjuk lengkap tape ketan hitam dan putih

0 komentar