Bagaimana cara memasak beras ketan putih supaya matang

Bagaimana cara memasak beras ketan putih supaya matang
Bagaimana cara memasak beras ketan putih supaya matangMemasak beras ketan putih bisa disebut mudah gampang sulit. Bagaimana sih sesungguhnya langkah memasak nasi beras ketan agar masak serta tak mentah didalam. Cukup banyak resep kue tradisional yang memakai bahan paling utama beras ketan putih. Hingga modal paling utama agar kue ketan cita rasa-rasanya enak pastinya mesti pintar serta memahami langkah memasak nasi ketan putih dulu. Bagaimana mungkin saja bermacam kue dengan bahan basic nasi ketan rasa-rasanya enak bila nasi ketannya masihlah merasa mentah didalam. Karenanya yuk belajar bikin nasi ketan enak serta masak sampai kedalam hingga cita rasa-rasanya semakin lebih enak.
Cara memasak nasi ketan ini sesungguhnya cukup gampang tetapi bila salah langkah memasaknya sudah pasti akhirnya kurang optimal bahkan juga sisi dalam nasi ketan masihlah merasa mentah. Dengan membaca panduan langkah memasak nasi ketan tersebut pasti nasi ketan bunda semakin lebih enak pulen serta masak sampai ke dalamnya. Baca juga langkah memasak nasi goreng mantap khusus nikmat.








Yang butuh bunda mengerti yaitu walau penampilan beras ketan nyaris sama juga dengan beras umum tetapi nyatanya beras ketan ini tambah lebih keras namun juga begitu gampang lembek. Satu diantara kekhasan nasi ketan ini yaitu lebih lengket daripada nasi putih umum. Dengan hal tersebut karakter beras ketan yang unik berikut jadi membutuhkan langkah memasaknya tidak sama lewat cara memasak beras umum (nasi putih). Pemakaian air pasti begitu utama serta mesti cocok lantaran bila umumnya sedikit saja jadi nasi ketan bakal kelembekan serta penampilannya juga tak bagus lantaran nyaris sama juga dengan bubur. Karenanya dibutuhkan sekian kali belajar agar memperoleh nasi ketan yang cocok.
Secara umum anda bisa memprediksi berapakah banyak air yang diperlukan untuk memasak nasi putih. Umumnya sih tinggi airnya sekitaran 3 cm dari permukaan beras untuk nasi aron. Tetapi hal semacam ini tidak sama bila anda memasak beras ketan. Bila langkahnya sama juga dengan langkah memasak nasi putih jadi akhirnya bakal didapat nasi ketan seperti bubur (umumnya air).








Seperti saya terangkan di atas kalau beras ketan memiliki karakter lebih keras daripada beras umum. Akan tetapi type beras ketan ini sedikit. Bahkan juga waktu anda membelinya di warung atau toko beras nyatanya mereka cuma jual satu type beras ketan. hal tidak sama dengan beras yang memiliki begitu banyak type serta harga.
nasi ketan
Tidak ada persiapan spesial untuk memasak beras ketan. tetapi seperti umumnya anda dianjurkan untuk pilih beras ketan kwalitas bagus serta tanpa ada kombinasi apa pun. Ciri ciri beras ketan sih cukup gampang yaitu butirannya semakin besar daripada beras serta warnanya redup tak seperti beras yang ada sedikit kilap. Bunda telah siap bahan beras ketan yuk kita cobalah belajar memasak nasi beras ketan empuk serta pulen.






Cara memasak nasi ketan putih enak serta pulen

Bahan yang dibutuhkan pastinya beras ketan sekitaran 1 kg.
Cuci sampai benar benar bersih.
Rendam beras ketan bunda sekurang-kurangnya 3 sampai 4 jam.
Cuci kembali serta tiriskan.
Siapkan langseng untuk mengukus beras ketan tadi.
Siapkan juga panci atau tempat berbahan alumunium. Tetapi bila tak ada dapat ditukar dengan panci umum.
Tuang air bersih kedalam langseng seperlunya sekurang-kurangnya 1 cm dibawah saringannya.
Sebaiknya pakai kompor gas dua tungku.
Letakkan langseng diatas kompor dengan api tengah serta masukan juga beras ketannya serta janganlah lupa tutup ya.
Pada tungku yang lain tempatkan panci ukuran tengah berikan air seperlunya serta masukan garam seperlunya.
Setelah air panci mendidih siramkan pada beras ketan dalam langseng dengan cara rata serta tak perlu terlalu berlebih cukup satu kali siraman saja. Langseng tutup kembali.
Sekitar 10 menit lalu siram kembali beras ketan dengan air mendidih serta tetaplah satu kali siraman saja dengan cara rata.
Ulangi siraman ini sampai beras ketan empuk. Tandanya bisa bunda tepuk dengan sendok nasi.
Setelah empuk lanjutkan memasak beras ketan sampai masak.
Angkat serta hidangkan.

Bagaimana bunda cukup gampang bukanlah langkah memasak beras ketan dengan di kukus ini. Nasi ketan ini telah pulen hingga tak perlu menaikkan dengan tepung tapioka maupun tepung maizena. Hidangkan nasi ketan putih ini dengan kelapa muda parut + sedikit garam. Belajar juga resep nasi kuning gurih serta enak.

Bagaimana cara memasak beras ketan putih supaya matangBagaimana cara memasak beras ketan putih supaya matangBagaimana cara memasak beras ketan putih supaya matangBagaimana cara memasak beras ketan putih supaya matang

0 komentar