Resep cara membuat rawon enak khas masakan jawa

Resep cara membuat rawon enak khas masakan jawa
Resep cara membuat rawon enak khas masakan jawaResep nasi rawon khas masakan jawa. Banyak keinginan mengenai bumbu serta resep langkah bikin rawon yang enak. Kuliner tulen jawa ini memakai tetelan daging sapi sebagai bahan intinya. Nasi rawon sendiri telah jadi makanan khas warga jawa timur lantaran memanglah dari sanalah resep masakan ini berasal. Penampilan kuah rawon yang hitam memanglah lain dengan kuah masakan biasanya hal semacam ini karena kluwek (bumbu khas rawon) yang disebut bumbu harus untuk bikin masakan rawon. yuk belajar bikin masakan rawon yang disebut resep masakan indonesia tulen ini. Gampang serta mudah lho bunda.
Masakan Resep rawon daging adalah resep masakan indonesia peninggalan beberapa orangtua kita dulu karenanya kita sebagai generasi penerus harus melindungi serta pelihara resep rawon daging seperti aslinya. Jangan pernah lantaran demam kreasi masakan jadi masakan tulen bangsa indonesia hilang dari peredaran. Kan sayang resep masakan beberapa leluhur bila hingga hilang. Seperti di ketahui kalau kelezatan cita rasa rawon daging ini setara dengan masakan gulai kambing.








Bumbu bumbu yang dipakai untuk bikin rawon sesungguhnya tak ada yang istimewa lantaran semuanya bumbunya begitu gampang di beli di pasar. Sebagian bumbu paling utama rawon ini yaitu : bawang merah bawang putih ketumbar lengkuas serai serta sudah pasti kluwek yang perlu ada. Daging sapi yang dipakai untuk bikin rawon umumnya pilih yang banyak lemaknya serta harga nya tambah lebih murah dari daging sapi paling utama untuk orang-orang kerap menyebutnya sebagai tetelan (rawonan) serta beberapa penjual daging sapi sudah mengetahui bakal hal semacam itu. Hingga bila bunda menginginkan bikin masakan rawon silakan beli bahan paling utama rawon (rawonan) di penjual daging sapi.
Di kelompok beberapa pengagum kuliner rawon ada satu resep rawon yang cukup populer yaitu resep rawon setan sesuai sama namanya serta bisa ditebak kalau cita rasa rawon setan begitu mengagumkan pedasnya hingga untuk yang memiliki lidah normal butuh menyiapkan diri agar bisa ke tempat tinggal makan rawon setan yang ada di surabaya jawa timur. Tetapi kesempatan ini admin yang memanglah datang dari sana tak sharing resep rawon setan namun bakal menulis resep rawon tulen yang cita rasa-rasanya lebih enak. Untuk maniak pedas tak perlu cemas sebab ada sambal spesial untuk rawon jadi pilihan pedas ada pada anda.








Masakan rawon ini lebih nikmat di nikmati berbarengan nasi putih hangat dengan kerupuk udang serta sambal spesial untuk yang sukai rasa pedas. Bila anda kebetulan tengah dinas ke daerah jawa timur jadi silakan singgah serta nikmati nasi rawon enak disana serta janganlah kaget lantaran harga nya untuk 1 jumlah begitu murah meriah (pastinya bergantung tempatnya).
cara bikin rawon
Karena kekhasan cita rasa nasi rawon ini yuk bunda serta sis mari coba belajar bikin nasi rawon sendiri di dapur yang paling disayangi untuk suami terkasih serta anak anak pastinya. Langkah bikin rawon cukup gampang tetapi yang pasti sebelumnya mengawali memasaknya baiknya kompliti dulu bahan berbahan.






Bahan utama

Daging sapi : 250 gr tentukan daging spesial untuk rawonan penjual daging juga paham.
Air bersih : 2 liter.

Bumbu halus

Bawang putih : 4 siung.
Bawang merah : 3 siung.
Ketumbar : 1 sendok teh.
Kunyit : 2 cm.
Jahe : 1 cm.
kluwek : 4 biji (yakinkan memakai yang tua serta tak pahit)

Bumbu tambahan

Lengkuas : 1 cm (di memarkan).
Serai : 2 batang (buang sisi ujungnya serta ambillah pangkalnya saja).
Daun jeruk : 3 lembar.
Gula : sendok makan.
Garam : seperlunya.
Penyedap rasa : bila dibutuhkan.

Bahan tambahan

Toge/kecambah : 50 gr.
Kerupuk udang.

Cara bikin masakan rawon

Rebus daging (rawonan) sampai masak serta angkat sebelumnya dingin potong potong bentuk dadu/kotak. Air rebusan janganlah dibuang ya.
Haluskan bumbu halus (bawang merah + bawang putih + ketumbar + jahe + kunyit)
Pecahkan kluwek serta simpan dalam wadah plastik lalu tuangkan air panas sedikit serta cairkan. Untuk melindungi agar kuah rawon tak pahit jadi dianjurkan untuk menjilat sedikit tiap-tiap kluwek sebelumnya di cairkan.
Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum berikan (lengkuas + daun jeruk + serai) lalu masukan kluwek cair serta aduk aduk.
Masukkan daging rawon serta air sisa rebusan.
Tambahkan (garam + gula pasir + penyedap rasa) waktu memberikan garam sebaiknya sedikit untuk sedikit agar tak keasinan lalu aduk aduk serta tunggulah sampai mendidih.
Coba cicipi bila perlu lebih (garam/gula/penyedap rasa).
Masakan rawon sudah siap di nikmati.

Cara bikin sambal rawon

Ambil cabe rawit merah 5 buah.
Gunakan bawang merah 4 buah.
Tambahkan juga terasi masak sekitaran 2 cm.
Garam serta gula pasir seperlunya.
Uleg semuanya bahan sampai lembut.

Saran penyajian

Ambil mangkuk serta masukan nasi putih seperlunya. Berikan touge serta kuah mangkuk serta dagingnya sampai sedikit menenggelamkan nasi putih.
Nasi rawon pas dikonsumsi berbarengan telur asin serta krupuk udang dengan penambahan sambal rawon.

Demikian teman dekat serta bunda sekalian resep serta langkah bikin rawon yang enak khas jawa timur. Resep nasi rawon sudah jadi resep masakan indonesia yang banyak disukai serta dicari sekarang ini. Kuah hitam jadi daya tarik sendiri masakan tulen jawa timur ini.

Resep rawon enak khas masakan jawaResep rawon enak khas masakan jawaResep rawon enak khas masakan jawaResep rawon enak khas masakan jawa

0 komentar