Rahasia resep masakan soto ayam kudus

Rahasia resep masakan soto ayam kudus
Rahasia resep masakan soto ayam kudusAda rahasia di balik enaknya soto ayam kudus. Resep masakan soto ayam kudus tulen memakai bahan bumbu rempah rempah pilihan. Apa sajakah resep bumbu masakan soto ayam kudus tulen. Seperti di kenali kalau di daerah kudus serta sekitarnya ada larangan spesial yaitu tak bisa memakai bahan makanan daging sapi hingga soto daging tak ada di kudus. Walau sebenarnya di daerah lain banyak dihidangkan soto daging yang memiliki cita rasa lumayan enak lho. Soto ayam kudus bukan sekedar diketemukan di daerah aslinya (kota kudus) bahkan juga di ibu kota jakarta sudah banyak berdiri restoran serta warung yang sediakan menu paling utama soto ayam kudus.
Soto ayam kudus dari jateng adalah satu diantara resep masakan indonesia yang begitu populer. Bahkan juga hidangan soto ayam kudus banyak di hidangkan oleh restoran restoran populer di kota kota besar indonesia. Resep masakan tradisional ini langkah memasaknya cukup gampang dengan bumbu bumbu dapur yang gampang diperoleh dengan harga terjangkau.








Ada kekhasan tersediri cita rasa soto ayam kudus dibanding dengan resep soto ayam yang lain seperti rasa soto ayam lamongan dari jawa timur. Soto ayam kudus memiliki ciri khas pada cita rasa-rasanya yaitu lebih menguasai rasa gurih yang bercampur dengan manis dari kecap. Dengan belajar bikin bermacam resep masakan soto ayam dari beragam daerah pastinya anda bakal memiliki pengalaman unik langkah memasaknya. Satu diantaranya soto ayam kuah bening yang pas dikonsumsi oleh semua umur baik anak anak sampai beberapa orangtua. Atau dapat dengan juga soto ayam kuah santan yang cita rasa-rasanya lebih mantap.
Seperti umum sebelumnya anda coba bikin masakan soto ayam kudus tulen pastinya menyiapkan semua sesuatunya dari mulai perlengkapan memasak serta bahan bahan bumbunya. Bunda serta sis cukup pergi ke pasar tradisional untuk lengkapi bahan bumbu masakan soto ayam kudus seperti : tauge telur ayam daun seledri kecap manis jeruk limau bawang merah bawang putih ketumbar serta bumbu dapur yang lain. Tetapi yang tentu soto ayam kudus ini cuma memakai bahan bumbu hasil tanaman indonesia tulen hingga harga nya begitu murah. Untuk lebih detilnya yuk saksikan resep serta langkah bikin soto ayam kudus tulen tersebut :








Bahan paling utama Soto Ayam Kudus :

Daging ayam : 1 ekor lebih dianjurkan memakai ayam kampung dewasa
Air : 2 liter untuk rebusan

Bumbu halus :







Bawang merah : 6 buah
Bawang putih : 5 siung
Ketumbar : sendok makan
Merica : 1 sendok teh
Jinten : butir
Kemiri : 5 butir
Garam : 2 sendok makan (seperlunya selera)

Bumbu pelengkap yang lain :

Jahe : 3 cm
Serai : 3 batang
Bawang putih : 3 siung untuk taburan
Gula pasir : 2 sendok teh (seperlunya)

Bahan untuk penyajian Soto Ayam Kudus :

Nasi putih : seperlunya
Tauge : 100 gram
Telur ayam : 3 sampai 4 butir
Seledri : 1 ikat
Kecap manis : 1 botol kecil
Jeruk limau : 4 buah

Setelah semuanya bahan bahan sudah komplit serta perlengkapan memasak sudah di bersihkan bersih. Yuk mulai belajar bikin masakan soto ayam kudus tulen yang begitu populer itu. Tetapi terlebih dulu da banyak hal yang harusnya bunda serta sis mengerti. Kekhasan rasa soto ayam kudus begitu bergantung dari kehebatan rasa kuahnya maka dari itu saya lebih merekomendasikan untuk memakai ayam kampung daripada ayam potong.
soto ayam kudus
Perlu di ketahui kalau ayam kampung betina dewasa (terlebih yang tengah bertelor) memiliki kandungan kaldu ayam dengan mutu paling baik. Kaldu ayam alami dari ayam kampung berikut sesungguhnya adalah rahasia resep soto biasanya. Memanglah dapat sih beli kaldu bubuk namun cuma kental saja. Selain itu pasti lebih maknyus kaldu tulen daripada kaldu buatan.
Cara bikin masakan soto ayam kudus

Rebus daging ayam dengan sekitaran 2 liter air. Bunda bisa memotong jadi 2 atau 4 sisi agar lebih gampang. Upayakan daging ayam terendam semuanya (berikan air bila kurang).
Iris tidak tebal tipis 2 sampai 3 siung bawang putih serta goreng.
Sementara haluskan bumbu halus serta gongseng sampai keluar bau harum.
Setelah daging ayam 1/2 masak masukan bumbu halus yang sudah di gongseng tadi.
Tambahkan juga serai (potong sisi ujungnya) serta jahe (geprek dulu).
Tambahkan juga garam serta sedikit gula pasir. Janganlah segera banyak ya tambah baik sedikit untuk sedikit sembari di rasakan rasa kuahnya (awas janganlah keasinan).
Jika rasa-rasanya telah oke tunggulah sampai daging ayam masak serta angkat daging ayamnya.
Terakhir taburkan bawang putih goreng sembari di remas remas.

Cara serta anjuran penyajian

Touge : rendam di air panas sebentar.
Telur ayam : rebus (jangan pernah pecah) lalu kupas serta potong jadi 4 atau 6 sisi.
Seledri : potong kecil kecil.
Jeruk limau : potong serta ambillah sisi pinggirnya (untuk remasan)
Ambil mangkuk serta isi dengan : suwiran ayam touge potongan telur rebus seledri air perasan jeruk limau serta kuah soto.
Sajikan berbarengan nasi putih hangat + sambal.

Demikian bunda serta sis sekalian resep serta langkah bikin resep masakan soto ayam kudus tulen mudahkan serta tak ada yang susah sesungguhnya. Anda pengagum nasi soto cobalah juga resep langkah bikin soto ayam bening yang nikmat serta fresh.

Rahasia masakan soto ayam kudusRahasia masakan soto ayam kudusRahasia masakan soto ayam kudusRahasia masakan soto ayam kudus

0 komentar