Petunjuk lengkap cara membuat kue putu ayu hijau

Petunjuk lengkap cara membuat kue putu ayu hijau
Petunjuk lengkap cara membuat kue putu ayu hijauKue putu ayu dimaksud sebagai kue putri ayu. Resep kue putu ayu cuma memakai bahan bahan simpel. Berikut panduan komplit resep langkah bikin kue putu/putri ayu hijau pandan. Dengan ikuti panduannya dengan cara berurutan jadi anda bisa dengan gampang belajar bikin kue putu yang termasuk juga dalam resep kue indonesia ini. Kue putu ayu atau ada pula yang menyebutkan sebagai kue putri ayu termasuk juga dalam resep kue kukus ini adalah satu diantara kue jajanan pasar yang kerap kita dapatkan di pasar pasar tradisional. Kue putu dengan lobang di dalam ini umumnya memiliki penampilan warna hijau dengan hiasan kelapa muda di atasnya jadi kue jajanan tradisional ini umum dikatakan sebagai kue putri ayu.
Sebagaimana di ketahui kalau kue putu hijau yang satu ini kerap muncul di acara acara spesial seperti waktu ada selamatan atau waktu pesta pernikahan. Oleh karenanya kue putu ayu ini begitu kerap anda dapatkan. Dengan hal tersebut lantaran kerap dipakai pada acara acara spesial itu jadi alangkah sebaiknya bila anda berusaha untuk belajar bikin kue putu/putri ayu. Hingga waktu ada masak masak tetangga serta kebetulan anda memperoleh pekerjaan bikin kue hidangan selamatan tak canggung lantaran telah punya kebiasaan membuatnya. Sekian dengan juga kue lapis legit yang juga ada waktu ada acara utama.








Cara bikin kue putu/putri ayu sesungguhnya cukup gampang serta memakai bahan bahan yang gampang dibeli tetapi kadang waktu hasil yang didapat kurang memuaskan. Hal semacam ini umumnya kombinasi bahan berbahan yang kurang cocok hingga waktu di telan merasa menyekat tenggorokan. Penampilan serta rasa kue putu/putri ayu yang cocok yaitu sedikit manis serta waktu dikunyah tak lengket. Pemakaian Cake emulsifier yang umumnya dapat juga menyebabkan kue putri ayu anda jadi lembek serta lengket hingga kurang enak. Untuk penyedap rasa serta aroma umumnya memakai bahan alami seperti daun pandan. Untuk warna hijau dapat dengan daun suji atau mungkin dengan sebagian tetes pewarna makanan. Nah untuk innovasi anda pastinya dapat juga bikin kue putu/putri ayu warna warni walau biasanya warna kue putu ayu ini warna hijau pandan.
Untuk mempermudah kerja anda dalam bikin kue putri/putu ayu serta termasuk juga dalam kelompok resep kue tradisional ini jadi langkah pertama pastinya menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan serta mempersiapkan bahan berbahan hingga memudahkan kerja anda dalam bikin kue putu ayu hijau pandan dengan taburan kelapa muda ini.








Peralatan untuk bikin kue putu ayu

Kompor baiknya pakai kompor gas.
Langseng atau dandang untuk mengukus.
Cetakan kue putu ayu/putri ayu (umumnya memiliki bahan plastik).
Beberapa wadah plastik seperlunya.
Mixer serta peralatannya.

Setelah semuanya perlengkapan untuk bikin kue putu hijau ini sudah komplit saat ini siapkan bahan berbahan. Untuk step evaluasi cukup hanya sedikit bahan dulu yuk buat persiapan bahan berbahan.






Bahan bahan kue putu ayu/putri ayu

Sediakan tepung terigu sejumlah 250 gr (1/4 kg).
Ambil juga gula pasir : 1 gelas atau 200 gr. Anda bisa sesuaikan pemakaian gula ini cocokkan dengan selera anda.
Sediakan juga telor ayam sejumlah 4 butir.
Cake emulsifier : 1 sendok teh (cake emulsifier berperan sebagai pelembut anda dapat memakai SP/TBM/ovalet).
Buat santan kental dari kelapa tua sekitaran 1 gelas (200 ml)
Jangan lupa kelapa muda 1/2 butir serta parut serong.
Minyak sayur/kelapa untuk bahan olesan 2 sampai 3 sendok (seperlunya).
Sediakan juga vanili sedikit saja sekitaran sendok teh.
Pasta pandan hijau : cocokkan (janganlah terelalu banyak).
Jangan lupa daun pandan sekitaran 3 lembar untuk bikin aroma pandan wangi tulen.
Garam : seperlunya.


Sekarang perlengkapan serta bahan bahan untuk bikin kue putri ayu atau kue putu ayu sudah ada semuanya. Saat ini yuk mulai belajar membuatnya ikuti panduan langkah bikin kue putu ayu ini setahap untuk setahap.
Petunjuk langkah bikin kue putu ayu

Yang pertama kukus dulu kelapa parut serta daun pandan dengan penambahan sedikit garam.
Cuci dulu cetakan kue putu ayu serta lap sampai kering
Kemudian oleskan semuanya cetakannya dengan minyak sayur cukup sedikit saja.
Isikan kelapa parut yang sudah di kukus dalam cetakan yang tadi telah diolesi minyak sayur seperlunya untuk hasil paling baik ratakan dibagian bawahnya. Kerjakan sampai semuanya cetakan terisi semuanya.
Langkah setelah itu ambillah (gula pasir + telor + cake emulsifier) masukan dalam wadah serta aduk dengan mixer dengan putaran tengah sampai mengembang maksimum (upayakan hingga berwarna putih susu).
Masukkan juga vanili serta pasta pandan. Baiknya janganlah sangat banyak cukup cocokkan sampai warnanya cocok.
Kemudian berikan tepung terigu sedikit untuk sedikit sembari selalu di aduk dengan mixer (putaran rendah).
Terakhir masukan air santan. Serta yakinkan semuanya adonan kue putu ayu bercampur prima lantas matikan mixer serta siap dimasukkan dalam cetakannya.
Masukkan adonan dalam cetakan yang tadi sudah diberi kelapa parut seperlunya (baiknya janganlah sangat penuh tinggi adonan kurang 2 mm sebelumnya penuh).
Sekarang panasi langseng (tempat mengukus) serta tunggulah sampai nampak uap lantas masukan semuanya cetakan serta kukus sampai masak (sekitaran 15 sampai 20 menit).
Selesai serta siap di nikmati.

Nah gampang bukanlah langkah bikin kue putu ayu atau kerap juga diberi nama sebagai kue putri ayu ini. Langkah bikin kue rumahan ini sebenarnya tak demikian repot serta bisa disebut begitu gampang. tetapi ada satu hal yang butuh di perhatikan kalau bila sesudah masak akhirnya sangat lembut (lembek) silakan kurangi pemakaian cake emulsifier. tahap selanjutnya silakan belajar langkah bikin kue cucur coklat warna warni.

Petunjuk lengkap kue putu ayu hijauPetunjuk lengkap kue putu ayu hijauPetunjuk lengkap kue putu ayu hijauPetunjuk lengkap kue putu ayu hijau

0 komentar