Info resep masakan cara membuat nasi uduk sederhana

Info resep masakan cara membuat nasi uduk sederhana
Info resep masakan cara membuat nasi uduk sederhanaResep nasi uduk enak serta gurih dan cocok buat sarapan pagi. Resep masakan tradisional ini telah cukup populer. Nasi uduk betawi banyak di dapatkan terlebih di daerah kampung betawi yang umumnya ada di daerah pinggir. Nasi untuk sarapan ini semakin banyak dijual ketika pagi hari tetapi kadang-kadang dapat juga diketemukan di sore hari umumnya di pedagang tepi jalan. Tersebut langkah gampang bikin nasi uduk yang simpel serta praktis. untuk yang belum memahami mengenai langkah memasak nasi uduk betawi ini dapat belajar membuatnya disini silakan ikuti resep simpel langkah memasak serta buat nasi uduk lengkap tersebut.
Nasi uduk sesungguhnya adalah resep masakan tradisional yang dipunyai oleh banyak daerah di indonesia terlebih orang-orang jawa serta sunda tetapi cuma namamya yang sedikit tidak sama. Sebagian resep nasi uduk ini seperti : nasi uduk betawi nasi kuning bandung sego uduk (jawa) sego punar (jawa) serta nama nama yang lain. Bila anda cermati semuanya resep resep tradisional itu mengaplikasikan bahan serta langkah memasak yang sama. Tetapi yang namanya nasi uduk cuma daerah betawi pemiliknya. Namun bila orang-orang lamongan jawa timur telah punya kebiasaan sarapan dengan nasi noto lamongan komplit dengan poya.








Bagi orang-orang kita telah punya kebiasaan dengan makan nasi sarapan dengan jumlah 1/2. Oleh karenanya menu yang disajkan umumnya juga begitu simpel lantaran cuma untuk ganjalan perut saja he he he. Untuk orang-orang jawa timur terutama kota madiun punya kebiasaan dengan sarapan nasi pecel sedang orang bandung dengan nasi kuning nah untuk daerah jakarta terutama msyarakat betawi begitu akrab dengan nasi uduk. kota jakarta yang kerap dikatakan sebagai kota betawi ini dapat populer dengan nasi kebuli daging kambing yang umumnya dijual oleh beberapa pedagang keturunan arab memanglah sih nasi kebuli aslinya datang dari timur tengah.
Namun sekian nasi uduk ini nyatanya bisa di terima oleh beragam suku di indonesia. Seperti kita ketahui kalau daerah jakarta serta sekitarnya penduduknya datang dari beragam kota di indonesia serta anehnya mereka juga ramai ramai sarapan dengan nasi uduk. Tersebut penyebabnya mengapa nasi uduk betawi ini begitu populer. Dengan hal tersebut kita sebagai sisi dari orang-orang indonesia tak ada kelirunya untuk coba resep nasi uduk betawi ini.








Nah pada saat ini saya bakal coba memberi resep masakan praktis dan panduan langkah bikin nasi uduk yang enak serta lengkap. Nasi uduk rasa-rasanya gurih serta diperlengkapi dengan sambal simpel. Sebagian bahan penambahan nasi uduk umumnya kering tempe tahu bacem kerupuk telur irislah mentimun ikan teri ayam goreng serta yang lain. Sebelumnya pergi ke dapur yuk berbelanja kepasar untuk beli bahan bahan yang dibutuhkan terlebih bahan bahan pelengkap nasi uduk.







Bahan yang digunakan


Sediakan beras sekitaran 500 gr. Saya anjurkan tentukan beras yang sedkit perak serta janganlah sangat perak jadi kurang enak kelak rasa-rasanya.
Sediakan juga sekurang-kurangnya 3 gelas atau kurang lebih 600 ml santan kental buat santan kental dari 1 butir kelapa tua.
Baik juga memakai daun salam sekitaran 4 atau 5 lembar.
Pilih juga 2 batang serai ukuran besar atau 4 batang serai ukuran tengah janganlah lupa potong sisi ujungnya serta geprek.
Jangan lupa beli juga ketumbar agar enak pakai ketunbar bubuk sekitaran sendok teh saja.
Nah agar aroma nasi uduk bunda wangi sebaiknya memakai 2 atau 3 lembar daun pandan.
Jangan lupa garam 1 sendok makan atau sesuai sama selera.

Cara bikin nasi uduk sederhana

Yang pertama pastinya bersihkan beras dari batu serta gabah lalu bersihkan sampai bersih serta tiriskan.
Kemudian kukus beras di langseng sekurang-kurangnya 25 menit lantas angkat.
Ambil panci ukuran seperlunya serta rebus santan daun salam sarai daun pandan serta janganlah lupa ketumbar bubuk dan garam seperlunya. Aduk pelan pelan serta jagalah jangan pernah santan pecah.
Setelah mendidih masukan beras yang sudah dikukus tadi. Untuk ukuran yang cocok tinggi air santan sekurang-kurangnya 2 cm di atas beras ya. Aduk aduk perlahan-lahan.
Tunggu sampai air santan kering lalu aduk aduk sekali serta angkat.
Nah saat ini sediakan langseng bersih serta kukus beras aron. Pakai api tengah. Masak sampai masak sekurang-kurangnya 30 menit sampai 40 menit.
Angkat serta siap ditambahkan dengan bahan bahan pelengkap yang lain.

Bahan sambal nasi uduk

Kacang tanah : 100 gr.
Bawang putih : 2 siung.
Cabe rawit merah : 4 buah.
Gula pasir : sendok teh.
Garam : sendok teh.
Jeruk nipis : 1 biji.

Cara bikin sambal nasi uduk

Goreng kacang tanah dengan minyak sedikit. Janganlah lupa aduk aduk sampai warna sedikit coklat.
Ada sebaiknya pakai bawang putih masak dapat goreng bareng dengan minyak tanah agar praktis.
Haluskan kacang tanah goreng bawang putih garam cabe rawit gula pasir serta garam dengan di uleg sampai halus.
Nah waktu bikin sambalnya bisa di lebih dengan air jeruk nipis.

Nasi uduk umumnya memakai sebagian sayuran atau bahan bahan pelengkap seperti : emping mentimun tahu/tempe goreng irisan telur dadar semur jengkol ayam goreng serta yang lain. Gampang lho langkah menyiapkannya.
Sajikan nasi uduk dengan sebagian bahan sesuai sama selera bunda serta janganlah lupa berikan taburan bawang merah goreng agar lebih makjos.
Begitulah bunda serta nona cantik semua langkah bikin serta menghidangkan nasi uduk gurih simpel. Sebaiknya juga belajar bikin masakan daerah simpel yang lain seperti langkah bikin nasi kuning yang gurih serta enak.

Info masakan nasi uduk sederhanaInfo masakan nasi uduk sederhanaInfo masakan nasi uduk sederhanaInfo masakan nasi uduk sederhana

0 komentar