Cara membuat botok tempe petai cina

Cara membuat botok tempe petai cina
Cara membuat botok tempe petai cinaBotok tempe petai cina paling enak bila di kukus dengan daun pisang. Langkah bikin botok tempe cukup gampang. Bahan bahan botok petai cina yaitu : petai cina tahu kulit tempe serta ikan teri telah cukup komplit. Bumbu botok juga cukup simpel yang umumnya cuma memakai sebagian bahan bumbu botok seperti : cabe merah bawang putih bawang merah kencur serta yang lain. Walau berbahan cukup simpel tetapi ada banyak hal yang harus di perhatikan terlebih waktu pilih bahan intinya seperti petai cina serta bahan kelapanya. Yuk kita ikuti berbarengan bagaimana caranya buat lauk botok tempe dengan kombinasi petai cina ini.
Resep botok lamtoro adalah resep masakan simpel yang cukup enak sebagai pelengkap makan. Bahkan juga cuma mengguakan nasi putih hangat saja telah cukup enak. Resep masakan olahan dengan penambahan petai cina ini dapat adalah resep tradisional yang cukup disukai. Petai cina dibeberapa daerah memiliki beragam jenis nama hingga resep masakan tradisional ini memiliki sebagian nama di daerah seperti : resep botok pete lamtoro resep botok mlanding jawa atau resep botok mlanding khas solo. Walau sekian langkah masak botok tahu tempe dengan penambahan petai cina ini cukup gampang.








Petai cina banyak di jual di pasar pasar tradisional dengan harga begitu murah namun bila di kota kota besar cukup susah di dapatkan di pasar lantaran tidak sering ada yang jual petai cina. Walau sekian anda tetaplah dapat buat botok tempe yang enak dengan kombinasi petai cina. Seperti di ketahui kalau pohon petai cina adalah tanaman liar yang begitu gampang tumbuh serta hidup bahkan juga tanpa ada mesti ditanam. Hingga cukup gampang temukan pohon petai cina serta tak perlu membelinya. Pohon petai cina memiliki sebagian nama lain yaitu lamtoro atau mlandingan adalah semacam pohon perdu yang kerap tumbuh liar di kebun kebun kosong.
Untuk bikin botok lamtoro yang enak jadi bunda harus pilih buah lamtoro yang masihlah muda. Seperti di ketahui kalau masakan botok petai cina ini paling enak bila digabungi dengan biji petai cina. Akan tetapi tak semuanya enak dikonsumsi hingga bunda harus pilih buah petai cina yang masihlah muda tetapi telah diisi. Buah lamtoro yang telah mulai tua berwarna sedikit kecoklatan hingga pastikan yang masihlah hijau dengan jejeran biji yang cukup bagus serta belum sangat besar. Cermati juga kesehatan pohon petai cina ini lantaran kadang waktu walau buahnya masihlah gampang telah mulai kecoklatan lantaran pohonnya diserang hama.








Hal yang lain yang harus bunda cermati waktu bakal buat botok tempe jawa yaitu kelapa parut. Lantaran yang namanya masakan botok harus memakai kelapa parut. Untuk hasil olahan botok yang enak bunda harus memakai kelapa muda parut bila dengan kelapa tua jadi rasa botok kurang enak serta tak lembut. Kelapa untuk botok yang bagus yaitu lebih muda dari kelapa buat buat santan serta lebih tua sedikit dari yang umum di buat untuk kombinasi es kelapa muda jadi memanglah mesti cocok memilihnya. Pesan saja sama penjual kelapanya agar dicarikan yang cocok.
Bahan bahan kombinasi lauk pauk botok petai cina ini umumnya memakai tahu serta tempe dan ikan teri. Untuk pemakaian bahan tahu baiknya pakai tahu kulit serta cermati mutunya sebab sekarang ini banyak pula tahu yang mutunya buruk serta baunya asam. Sekian dengan juga bahan tempe juga sekian cari yang bagus serta tak bau asam. Kwalitas bahan tahu serta tempe yang bunda pakai begitu memengaruhi hasil masakan botok nanti. Bila pemakaian bahan pelengkap seperti teri dapat sesuai dengan selera dapat mencantumkan bahan teri atau tak type ikan teri juga bebas ingin teri medan atau ikan teri asin umum juga sama nikmatnya.







Masakan botok enak dimasak dengan di rebus tetapi lebih enak lagi bila masaknya dengan dibungkus daun pisang. Memanglah untuk hasil paling baik serta paling yang namanya botok ya dibungkus dengan daun pisang. Pada intinya semuanya daun pisang dapat dipakai untuk membungkus botok petai cina atau botok lamtoro ini tetapi yang terbagus yaitu memakai daun pisang batu lantaran lemas serta tak gampang pecah. Tetapi kadang waktu cukup susah memperoleh daun pisang batu yah dengan daun pisang apa sajakah juga bisa namun bunda harus menjemur dulu agar lemas serta tak gampang pecah.
Resep botok tempe petai cina
Bahan bahan

Tahu kulit : 10 buah
Tempe : 1 buah ukuran sedang
Ikan teri asin : 100 gr (1 ons)
Biji lamtoro/petai cina : 200 gr atau seperlunya (sesuai sama selera)
Kelapa parut : buah kelapa muda parut dianjurkan parut serong

Bahan bumbu botok tempe petai cina

Bawang putih : 3 siung
Bawang merah : 5 buah
Cabe merah : 10 buah (sesuai sama selera)
Cabe rawit kecil : sukai suka
Kemiri : 3 biji
Kencur : 2 cm
Lengkuas : sepotong ukuran 1 cm sampai 2 cm
Daun salam : 3 lembar
Garam serta penyedap rasa : seperlunya.

Cara bikin botok tempe petai cina

Potong potong tahu kulit serta tempe kotak kotak bentuk dadu dengan ukuran 1 cm
Haluskan/uleg semuanya bahan bumbu terkecuali cabe rawit (biarlah utuh) lalu masukan dalam wadah.
Tambahkan potongan tahu kulit tempe ikan teri kelapa parut serta bahan bahan penambahan yang lain termasuk juga garam seperlunya serta penyedap rasa. Aduk aduk sampai benar benar rata.
Coba cicipi serta berikan garam untuk sesuaikan cita rasa-rasanya.
Bungkus dengan daun pisang serta kukus sampai masak.

Selesai telah bunda langkah buat botok petai cina. Resep masakan botok lamtoro bungkus daun pisang ini bila telah masak dapat ditandai dengan pergantian warna pada daun pisangnya yaitu warna beralih jadi sedikit hitam.

Cara membuat botok tempe petai cinaCara membuat botok tempe petai cinaCara membuat botok tempe petai cinaCara membuat botok tempe petai cina

0 komentar