Resep masakan soto ayam santan dan cara membuatnya

Resep masakan soto ayam santan dan cara membuatnya
Resep masakan soto ayam santan dan cara membuatnyaResep masakan kuliner nusantara paling laku sekarang ini yaitu soto ayam santan tetapi nyatanya ada banyak beberapa ibu rumah-tangga yang masihlah bingung langkah membuatnya. Walau sebenarnya bahan serta bumbu bumbunya ada melimpah di market. Sekarang ini cukup banyak resep masakan soto yang datang dari beragam daerah di indonesia tetapi pada up-date kesempatan ini admin bakal coba bikin masakan soto ayam kuah santan yang memiliki cita rasa gurih dengan penampilan kuah kental kekuningan hingga bikin rasa penasaran untuk melahapnya.
Resep soto ayam kuah santan sesungguhnya paling mantap bila memakai ayam kampung seperti bunda tahu kalau ayam kampung memiliki kaldu yang agak banyak serta limpahan kaldu alami berikut yang menaikkan kelezatan cita rasa masakan soto bunda. Walau sekian tak ada larangan dengan ayam potong umum lantaran terkecuali lebih murah juga gampang di peroleh.








Cara bikin masakan soto ayam santan ini cukup gampang serta nyaris sama juga dengan langkah memasak soto yang lain seperti soto ayam kuah bening hingga tidaklah terlalu susah untuk coba memasaknya sendiri terlebih bunda memiliki hobby memasak wah pasti makin asik dengan bermacam macam masakan nusantara ini. Telah siap bunda yuk mulai pergi belanja serta menyiapkan semua sesuatunya. Bunda serta sis bisa beli bahan berbahan di pasar tradisional deket tempat tinggal saja sebab semuanya keperluan bahan bumbu soto ayam bening ada disana dari mulai bahan intinya daging ayam sampai semuanya bumbu bumbunya ada.
Masakan soto termasuk juga dalam kelompok resep masakan indonesia. Seperti kita ketahui ada dua type ayam yaitu ayam kampung serta ayam potong. Untuk hasil yang lebih lezat pastinya dengan memakai ayam kampung dewasa yang banyak lemaknya kaldu ayam kampung berikut sesungguhnya letak kelezatan masakan soto ayam.








Bahan paling utama :

Daging ayam : 1 ekor.
Jeruk nipis : 2 butir.
Air : 2 liter (untuk rebusan daging ayam).

Bumbu soto ayam santan :







Santan : 1 liter dari satu butir kelapa tua.
Serai : 3 batang serta potong sisi ujungnya (tentukan batang serai yang besarnya tengah).
Merica : 1 sendok teh merica bubuk (bila di mengkonsumsi untuk anak anak pemakaian merica bisa di kurangi).
Daun salam : 3 lembar ukuran tengah.
Daun jeruk : 3 lembar.
Lengkuas : satu kerat ukuran 3 cm (potong jadi 3 sisi).
Daun bawang : 2 sampai 3 batang (potong kecil kecil).
Garam gula pasir penyedap rasa : seperlunya (bila bunda tak memakai bumbu masak bisa di ganti dengan royco rasa ayam).
Bawang putih goreng : dari 3 siung bawang putih.
Minyak goreng seperlunya untuk menumis.

Bumbu halus soto ayam santan :

Bawang putih : 6 siung.
Bawang merah : 4 butir.
Jahe : 3 cm.
Ketumbar : 1 sendok makan.
Kunyit : 7 cm.

Bahan pelengkap penyajian

Telur ayam : 3 butir.
Bawang goreng : seperlunya.
Jeruk nipis : 3 butir (potong 1 butir jadi 3 sisi)


Setelah perlengkapan memasak serta semuanya bahan bumbu sudah siap yuk saat ini pergi ke dapur yang paling disayangi untuk bikin masakan soto ayam kuah santan yang lezat untuk semua keluarga terkasih.

Potong ayam jadi 2 sisi serta lumuri dengan air perasan jeruk nipis serta sedikit garam. Diamkan sepanjang lebih kurang 10 menit lalu bersihkan sampai bersih.
Rebus air sekitaran 2 liter serta masukan daging ayam pakai nyala api kompor tengah saja.
Sementara menanti daging ayam masak haluskan bumbu halus (bawang putih + bawang merah + jahe + ketumbar + kunyit) dengan di uleg. Untuk mempermudah melembutkan bumbu bisa di berikan dengan sedikit garam.
Gongseng bumbu halus dengan sedikit minyak goreng. Masukan juga (serai + daun salam + daun jeruk) serta aduk aduk sampai berasap serta tercium bau harum. Setelah itu masukan dalam rebusan ayam.
Setelah daging ayam masak lantas angkat serta dinginkan.
Masukkan (merica + lengkuas + irisan daun bawang) tambahklan juga (garam + gula pasir + penyedap rasa) seperlunya. Waktu memberikan garam gula pasir serta penyedap rasa di anjurkan sedikit untuk sedikit sembari coba rasakan cita rasa kuahnya.
Terakhir masukan santan kental sembari aduk aduk pelan pelan agar santan tak pecah serta tunggulah sampai mendidih.
Setelah cita rasa kuahnya sudah sesuai sama berikan remasan bawang putih goreng matikan kompor.

Saran penyajian soto ayam santan

Ambil sepotong daging ayam serta suwir suwir seperlunya. Untuk hindari daging ayam bekasnya basi sebaiknya di goreng bunda.
Ambil mangkuk serta masukan suwiran daging ayam + irisan telur serta tuangkan kuah seperlunya serta taburkan sedikit bawang goreng.
Bisa juga di berikan dengan touge emping kentang goreng irisan kol serta yang lain sesuai sama hasrat.
Gunakan sambal kecap manis serta perasan jeruk nipis bila sukai.

Bagaimana bunda serta sis sekalian gampang bukanlah langkah bikin masakan soto ayam kuah santan ini. Bunda bisa coba resep masakan kami yang lain selamat coba.

Resep masakan soto ayam santan dan cara membuatnyaResep masakan soto ayam santan dan cara membuatnyaResep masakan soto ayam santan dan cara membuatnyaResep masakan soto ayam santan dan cara membuatnya

0 komentar