Cara membuat masakan sayur lodeh terong komplit

Cara membuat masakan sayur lodeh terong komplit
Cara membuat masakan sayur lodeh terong komplitCara bikin masakan sayur lodeh gampang. Resep sayur lodeh terong banyak penggemarnya. Yuk coba belajar langkah memasak sayur lodeh terong nangka atausayur lodeh labu siam yang enak. Bumbu sayur lodeh terong cukup simpel seperti : bawang putih bawang merah lengkuas serta bumbu yang lain. Kelezatan sayur lodeh ini cukup populer. Bahkan juga bekas presiden RI yaitu ayah Suharto begitu suka dengan sayur lodeh ini.
Resep sayur lodeh sendiri terdapat banyak versus seperti resep sayur lodeh jawa resep sayur lodeh sunda serta resep sayur lodeh betawi. Akan tetapi sesungguhnya bumbu sayur lodeh yang enak tak jauh tidak sama. Bahan paling utama masakan sayur lodeh umumnya terong akan tetapi sesungguhnya semuanya type sayuran dapat dipakai untuk bikin sayur lodeh seperti sayur lodeh nangka muda labu siam kacang panjang kol wortel jagung manis serta sayuran yang lain. Hingga tak tertutup peluang anda memakai bahan bahan sayur lodeh yang tidak sama.








Bunda cantik berikut panduan komplit langkah bikin sayur lodeh dengan bahan bahan simpel serta bumbu masak sayur lodeh simpel serta gampang di beli di pasar atau warung. Menu sayur lodeh bahkan juga jadi masakan favorite untuk beberapa besar orang-orang kita terutama beberapa orangtua lantaran cita rasa-rasanya yang enak serta enak. Sayur lodeh termasuk juga dalam resep masakan indonesia tradisional yang cukup enak serta terkenal
Berbicara mengenai masakan lodeh pasti tak lepas dari santan kelapa sebab bahan santan berikut sesungguhnya letak rahasia kelezatan masakan sayur lodeh. Dengan hal tersebut pasti saya anjurkan untuk memakai santan kelapa tulen serta bukanlah santan instan sebab pastinya hasil masakan sayur lodeh anda kurang mantap. Serta baiknya bikin santan kental dari kelapa tua.








Cara masak sayur lodeh dapat dengan berbagai bahan sayuran atau mungkin dengan bahan sayur lodeh khusus yang biasanya di pakai sekarang ini seperti terong atau labu siam. Bunda dapat belajar buat sayur lodeh dengan bumbu bumbu lengkap. Tetapi untuk beberapa remaja putri ada pula yang memberikan sebagian potong petai atau jengkol serta malah rasa-rasanya lebih istimewa.







Yuk sis cantik belajar langkah memasak lodeh yang enak dengan bumbu lodeh komplit. Janganlah cemas tidak berhasil waktu buat sayur lodeh lantaran cukup mudah lho. Nih panduan komplit langkah masak lodeh atau langkah bikin lodeh untuk hidangan keluarga.
bahan sayur lodeh

Labu siam : 1 buah potong potong dadu
jagung manis : 1 buah potong jadi sebagian bagian
Petai : 1 papan
Tempe : 1 buah ukuran kecil
Terong : 1 buah
Santan kental : 500 ml dari satu buah kelapa tua

Bumbu halus sayur lodeh

Bawang putih : 4 siung
Bawang merah : 5 buah
Kemiri : 2 butir
Ketumbar : 1 sendok teh
Garam : sendok makan (seperlunya)
Penyedap rasa : bila sukai seperlunya

bahan bahan lainnya

Cabe merah keriting : seperlunya (sesuai sama selera) irislah tidak tebal tipis serong
Cabe rawit atau cabe hijau : seperlunya (selera) irislah tidak tebal tipis serong
Lengkuas : 1 potong sekitaran 2 cm (irislah tidak tebal tipis)

Cara bikin sayur lodeh

Cuci semuanya bahan bahan sayuran sayur lodeh
Haluskan semuanya bumbu halus dengan di uleg (terkecuali penyedap rasa)
Rebus bahan sayur lodeh (terkecuali santan) sampai masak serta empuk
Kemudian masukan bumbu halus serta cabe merah cabe hijau serta lengkuas
Aduk aduk serta tunggulah sampai mendidih sebagian saat
Kemudian masukan santan kental serta aduk aduk dengan cara agar santan tak pecah
Tambahkan garam seperlunya (sedikit untuk sedikit) serta penyedap rasa sampai memperoleh rasa yang sesuai sama.
Tunggu sampai mendidih serta semuanya bahan masak sembari aduk aduk dengan cara perlahan
Angkat serta sajikan

Nah bagaimana bunda serta sis cantik gampang bukanlah langkah bikin sayur lodeh ini. Agar lebih enak anda dapat juga memberikan mlinjo muda bersama daun mlinjo atau dengan juga tetelan daging sapi agar lebih enak. Tekuni juga langkah bikin tempe bacem goreng yang enak.

Cara membuat masakan sayur lodeh terong komplitCara membuat masakan sayur lodeh terong komplitCara membuat masakan sayur lodeh terong komplitCara membuat masakan sayur lodeh terong komplit

0 komentar