Bumbu pepes ikan bandeng dan cara membuat pepes ikan

Bumbu pepes ikan bandeng dan cara membuat pepes ikan
Bumbu pepes ikan bandeng dan cara membuat pepes ikanMasakan pepes ikan enak serta sehat. Berikut resep pepes ikan bandeng dengan bumbu lengkap serta panduan komplit langkah bikin pepes ikan bandeng. Pepes ikan adalah satu diantara resep tradisional bangsa indonesia. Banyak keunggulan masakan dengan di pepes daripada di goreng. Terkecuali cita rasa-rasanya yang lezat nyatanya pepes ikan juga menyehatkan lantaran terlepas dari cholesterol yang terdapat dalam minyak goreng. Nah pada up-date kesempatan ini resep masakan indonesia bakal sharing rahasia bumbu resep pepes ikan bandeng dengan cara komplit yang dibarengi dengan panduan langkah bikin pepes ikan bandeng.
Bagi bunda bunda muda yang cantik pastinya terasa kebingungan bila ingin pepes ikan terutama pepes ikan bandeng lantaran belum tahu bagaimana caranya bikin pepes ikan hingga sampai kini tak pernah coba bikin pepes ikan. Nah sesudah membaca panduan komplit langkah bikin pepes ikan bandeng ini admin berharap untuk mulai coba bikin pepes ikan untuk keluarga terkasih.








Cara bikin pepes ikan bandeng cukup gampang serta mudah bumbu bumbu yang dipakai untuk mepes ikan ini dapat murah serta gampang dibeli. Hingga malah dana yang dipakai jadi lebih kecil serta irit. Apa sajakah sih bumbu pepes ikan bandeng yang lengkap. Buntik dapat membaca serta menulis resep pepes ikan bandeng saat ini. Panduannya begitu komplit hingga untuk remaja putri pemula bisa dengan gampang bikin pepes ikan walau baru pertama kalinya.
Nah sebelumnya coba bikin pepes ikan terutama pepes ikan bandeng sebaiknya untuk lengkapi bumbu bumbu yang bakal dipakai. Buntik cukup membelinya di pasar paling dekat. Bumbu untuk pepes ikan bandeng ini seperti : jeruk nipis daun jeruk belimbing wuluh daun kemangi serta yang lain.








Pepes ikan bandeng memiliki rasa lain dengan masakan pepes ikan yang lain. Akan tetapi baiknya pilih ikan bandeng dengan kwalitas paling baik. Sebab seperti kita ketahui kalau kdang saat ikan bandeng yang kita beli bau tanah hingga rasa-rasanya kurang enak. untuk ukurannya baiknya tentukan yang cukup besarnya umpamanya saja sekitaran 500 gr.







Yang namanya pepes pastinya memakai daun pisang untuk pembungkusnya. Agar waktu membungkusnya gampang serta daun pisang tak robek baiknya bunda pilih daun pisang batu. Bila tak ada dapat memakai daun pisang apa sajakah namun pastikan yang masihlah muda (lemes) tetapi bila sangat terpaksa dengan daun pisang apa sajakah dapat juga kok hanya sebelumnya dipakai dijemur dibawah terik cahaya matahari atau di garang diatas nyala api kompor gas.
Resep pepes ikan bandeng
Bahan utama

Ikan bandeng besar sejumlah 1 ekor beratnya sekitaran kg.
Daun pisang seperlunya.

Bahan bumbu halus

Sediakan bawang putih ukuran tengah sejumlah 5 siung.
Demikian dengan juga bawang merah sejumlah 10 buah.
Cabe merah atau cabe rawit seperlunya (cocokkan dengan selera pedas anda).
Gula merah seperlunya ( 1 sendok teh gulas merah sisir).

Bahan bumbu irisan

Sediakan 5 sampai 6 belimbing sayur (belimbing wuluh).
Sediakan juga 1 sendok makan air jeruk nipis.
Untuk pewanginya pakai 5 lembar daun jeruk.
Sedikit gula pasir 1 sendok teh cukup sekian dengan juga garam sekitaran 1 sendok teh.
Sedikit minyak goreng.
Dan daun kemangi seperlunya.

Setelah semuanya bahan keperluan sudah komplit yuk kita mulai dengan persiapan langkah bikin pepes ikan bandeng.

Bersihkan ikan bandeng sampai ke sisi perutnya.
Lantas siram dengan air jeruk nipis dengan cara rata lalu diamkan sekitaran 15 menit. Lantas bersihkan sampai benar benar bersih.
Selanjutnya uleg bumbu halus (bawang putih bawang merah cabe serta irisan gula merah seperlunya).
Sekarang bumbu halus campur dengan bumbu irislah (belimbing wuluh serta daun jeruk).
Kemudian campur semuanya bahan bumbu (bumbu halus + bumbu irisan).
Jika butuh berikan sedikit minyak goreng (1 sendok makan).
Sekarang ambillah selembar daun pisang yang besarnya cukup untuk membungkus ikan bandeng.
Yang pertama tempatkan bumbunya daun jeruk serta daun kemangi dengan cara rata.
Letakkan ikan bandeng di atasnya lantas berikan lagi dengan bumbu bekasnya sampai semuanya ikan bandeng tertutup oleh bumbu.
Terakhir kukus sampai masak sekurang-kurangnya sekitaran 30 menit.
Selesai serta sajikan dengan masakan yang lain.

Bagaimana bunda buntik serta remaja putri sekalian gampang serta cepat waktu bikin pepes ikan bandeng ini. Belajar juga resep soto ayam bening enak serta maknus.

Bumbu pepes ikan bandeng dan pepes ikanBumbu pepes ikan bandeng dan pepes ikanBumbu pepes ikan bandeng dan pepes ikanBumbu pepes ikan bandeng dan pepes ikan

0 komentar