Resep Cara Membuat Bubur Mengguh Khas Buleleng Bali

Resep Cara Membuat Bubur Mengguh Khas Buleleng Bali
Resep Cara Membuat Bubur Mengguh Khas Buleleng BaliBubur Mengguh adalah makanan sarapan khas daerah Buleleng di bali. Resep Bubur Mengguh termasuk juga dalam resep masakan tradisional Indonesia yang cukup populer serta disukai oleh beberapa turis yang tengah berkunjung ke daerah tempat wisata di bali. Langkah bikin Bubur Mengguh cukup gampang serta langkahnya juga simpel. Jadi bila anda menginginkan coba kelezatan masakan khas bali yaitu Bubur Mengguh tak perlu mesti pergi kesana tetapi dapat membuatnya sendiri.
Berikut langkah bikin Bubur Mengguh tulen dengan bahan bahan alami yang bukanlah saja gampang dibeli di pasar tetapi juga harga nya cukup murah. Bubur Mengguh tulen memakai bahan paling utama beras dengan kwalitas bagus bila dengan beras perak kurang enak rasa-rasanya jadi pakai beras yang pulen. Bubur Mengguh umumnya dikonsumsi berbarengan sama juga dengan urap sayur yang dihidangkan terpisah.








Rasa Bubur Mengguh mempunyai kekhasan sendiri sebagai bubur tradisional khas bali yaitu gurih karena memakai santan kelapa. Bubur Mengguh ini dapat diberi nama sebagai bubuh mengguh yang penampilannya nyaris sama juga dengan bubur ayam di daerah jawa. Bila ada ketidaksamaan cuma pada penambahan urap sayur saja. Hingga cara membuat Bubur Mengguh ini dapat termasuk gampang.
Seperti di ketahui kalau di bali dikenal juga sebagian resep bubur yang mempunyai cita rasa manis sebagai jajanan khas daerah yang semacam dengan bubur ketan hitam serta disana ada pula bubur sumsum khas bali. Untuk bunda serta remaja putri sekalian pastinya tak ada kelirunya bila berusaha untuk bikin masakan khas bali terutama Bubur Mengguh yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima di daerah tempat wisata bali.








Bagi orang-orang pulau dewata itu hadirnya Bubur Mengguh jadi cukup utama sebab bubur tradisional orang-orang bali ni juga jadi menu harus waktu ada acara acara tradisional atau waktu upacara kebiasaan hingga pengetahuan dalam bikin Bubur Mengguh adalah prasyarat harus untuk orang-orang bali terlebih di pelosok pelosok kampung.







Resep Bubur Mengguh
Meskipun Bubur Mengguh adalah makanan atau masakan khas orang bali tetapi termasuk juga dalam resep tradisional yang harusnya juga di ketahui oleh orang-orang diluar pulau bali lantaran termasuk juga dalam deretan resep masakan indonesia yang harus dijaga dengan baik hingga tak tergeser oleh resep masakan modern ataupun resep resep dari dunia luar. Nah untuk menolong melestarikan resep Bubur Mengguh yuk belajar bikin masakan Bubur Mengguh tulen seperti berikut
Bahan bahan bubur mengguh

Beras kwalitas bagus : 300 gr bersihkan sampai bersih serta tiriskan.
Santan kental : sekitaran 500 ml atau 1/2 liter
Daging ayam : seperlunya.
Kacang panjang : satu ikat potong potong panjang sekitaran 2 cm serta rebus sampai 1/2 masak.
Abon ayam : satu bungkus atau sekitaran 100 gr.
Kacang tanah : 100 gr goreng dengan sedikit minyak goreng jangan pernah hangus.
Daun salam : 3 lembar.
Lengkuas : 1 kerat ukuran 2 cm serta memarkan.
Air bersih : seperlunya (sekitaran 2 liter).
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

Bawang putih : 3 siung.
Bawang merah : 4 buah
Cabai merah keriting : 3 buah atau seperlunya
Kunyit bubuk : sekitaran 2 sendok teh.
Kemiri : 3 butir.
ketumbar : 1 sendok teh
Garam : 1 sendok makan
Merica bubuk : 1/4 sendok teh

Cara bikin bubur mengguh

Pertama uleg atau haluskan bumbu halus dengan cobek atau dapat dengan juga memakai jus.
Selanjutnya tumis dengan sedikit minyak goreng serta dengan api kecil saja. Aduk aduk dengan cara perlahan-lahan sampai masak serta bau harum. Berikan lengkuas geprek serta daun salam. Aduk aduk sebentar.
Lantas masukan daging ayam aduk aduk sampai bumbu menyatu dengan daging ayam.
Tambahkan air bersih seperlunya pakai api tengah serta tunggulah sampai daging ayam masak.
Kemudian angkat daging ayam serta tiriskan sesaat biarlah dulu kuahnya. Sesudah cukup dingin suwir suwir daging ayam.
Sekarang masukan beras yang sudah dicuci bersih ke air rebusan tadi janganlah lupa cocokkan jumlah air rebusan dengan beras untuk bubur. Aduk aduk selalu sampai beras lunak.
Tambahkan santan kental daun salam serta garam seperlunya. Aduk aduk sampai jadi bubur yang lembut.

Sekarang ambillah mangkok saji serta masukan bubur seperlunya dan berikan kacang panjang rebus ayam suwir abon ayam dan kacang tanah goreng. Tekuni juga langkah bikin bubur ayam khusus.

Resep Cara Membuat Bubur Mengguh Khas Buleleng BaliResep Cara Membuat Bubur Mengguh Khas Buleleng BaliResep Cara Membuat Bubur Mengguh Khas Buleleng BaliResep Cara Membuat Bubur Mengguh Khas Buleleng Bali

0 komentar