Resep bubur sumsum dan cara membuatnya

Resep bubur sumsum dan cara membuatnya
Resep bubur sumsum dan cara membuatnyaResep bubur sumsum gampang serta simpel. Yuk belajar langkah bikin bubur sumsum lengkap dengan kinca gula merah. Makanan bubur sumsum ini adalah satu diantara jajanan tradisional yang begitu di gemari oleh anak anak ataupun beberapa orangtua. Sampai sekarang ini masihlah kerap kita temui penjual bubur sumsum tetapi cuma terbatas di pedesaan atau kota kecil sedang di kota besar seperti jakarta sangatlah tidak sering kita jumpai. Walau sebenarnya bubur sumsum dapat disebutkan sebagai makanan khas tradisional indonesia.
Cara bikin bubur sumsum cukup gampang anda cuma butuh menyiapkan sebagian bahan simpel seperti tepung beras serta santan kental dan bahan pelengkap yang lain. Dengan penambahan kinca gula merah serta daun pandan jadi aroma serta rasa bubur sumsum jadi lebih enak. Seperti di ketahui kalau bubur sumsum ini begitu bagus untuk makanan balita terlebih mereka yang belum tumbuh gigi hal semacam ini karena sebab bahan paling utama bubur sumsum yaitu beras. Tetapi bila di mengkonsumsi oleh balita baiknya tak memakai kinca serta santan lantaran lambung mereka belum prima.








Bubur sumsum umum dipakai untuk upacara kebiasaan terutama waktu bayi lahir atau untuk beberapa orang-orang jawa ada pula yang sesudah puput puser jadi mereka bikin bubur sumsum cukup banyak serta diberikan ke tetangga sebagai rasa sukur bakal kesehatan sang bayi. Tetapi bubur sumsum ini dapat juga didapati di beberapa pasar tradisional lantaran memanglah ada penjual bubur sumsum sampai sekarang ini. Pastinya resep bubur sumsum ini begitu tidak sama dengan resep bubur ayam.
Meskipun resep langkah bikin bubur sumsum ini cukup gampang tetapi terdapat banyak panduan langkah bikin bubur sumsum yang cukup utama. Agar bisa bikin bubur sumsum yang manis serta enak pastinya anda mesti pilih bahan bahan yang berkwalitas.








Sebelum anda bikin bubur sumsum saya anjurkan untuk pilih tepung beras yang kwalitas bagus. Yakinkan tepung beras yang anda pakai belum tercemar serta tak berbau. hal semacam ini cukup utama sebab kwalitas tepung beras begitu memengaruhi enak tidaknya bubur sumsum buatan anda. Untuk hasil prima dapat bikin tepung beras sendiri.







Hal yang lain waktu anda bikin bubur sumsum yaitu santan. Walau sekarang ini sudah banyak di jual santan instan tetapi saya anjurkan untuk memakai santan alami saja. Terkecuali lebh fresh juga cukup gampang anda beli di pasar atau di warung. Buat santan dari kelapa tua agar akhirnya lebih enak.
Bagi keluarga muda pastinya masihlah belum memiliki pengalaman yang cukup hingga mesti banyak belajar. Serta kesempatan ini yuk belajar langkah bikin bubur sumsum sendiri. Pada resep bubur sumsum tepung beras kesempatan ini saya kompliti dengan panduan langkah membuatnya dengan cara komplit serta terang hingga anda semakin lebih gampang untuk pelajarinya.
Resep bubur sumsum gula merah
Bahan bahan bubur sumsum

Tepung beras : 100 gr. Yakinkan tepung beras yang anda pakai kwalitas bagus serta tak apek.
Santan kental : 600 ml (sekitaran 3 gelas). Buat santan kental dari 1 buah kelapa tua.
Daun pandan : pakai 2 lembar potong jadi bagian-bagian.
Garam : seperlunya ( sendok teh).

Bahan kinca/juruh bubur sumsum

Gula aren : 200 gr.
Air bersih : 1 gelas (200 ml)
Daun pandan : 1 lembar potong jadi bagian-bagian.
Garam : seperlunya (sedikit)

Cara bikin bubur sumsum gula merah lengkap

Langkah pertama pisahkan santan jadi 2 sisi.
Ambil satu sisi santan serta tuangkan dalam wadah yang cukup untuk menyimpan semuanya adonan.
Masukkan tepung beras sedikit untuk sedikit sembari di aduk aduk yakinkan jadi adonan yang bercampur prima (tak ada gumpalan tepung beras) berikan sendok teh garam.
Sekarang santan bekasnya pada panci serta rebus dengan api kecil masukan juga daun pandan. Aduk dengan cara perlahan-lahan agar santan tak pecah.
Tunggu sampai santan mendidih. Lalu masukan adonan tepung beras dengan cara perlahan-lahan sembari di aduk aduk.
Terus aduk aduk sampai menggumpal lembut serta masak.
Angkat serta taruh pada wadah yang sudah disiapkan.

Cara bikin kinca atau juruh gula merah

Campurkan semuanya bahan kinca (gula aren air dain pandan serta garam).
Didihkan sembari di aduk aduk.
Angkat serta dinginkan.

Cara penyajian bubur sumsum cukup simpel. Ambillah mangkuk kecil atau piring kecil. Lalu ambillah sebagian sendok makan bubur sumsum serta berikan kinca seperlunya. Bubur sumsum termasuk juga dalam resep masakan indonesia dalam seksi tradisional.
Nah beberapa remaja putri serta ibu muda sekianlah langkah bikin bubur sumsum dengan cara komplit. Tak ada yang susah bila telah dicoba. Setelah itu silakan coba langkah bikin es pisang ijo enak serta fresh.

Resep bubur sumsum dan cara membuatnyaResep bubur sumsum dan cara membuatnyaResep bubur sumsum dan cara membuatnyaResep bubur sumsum dan cara membuatnya

0 komentar